Taman Kolam Minimalis Depan dan Belakang Rumah

Membuat taman kolam minimalis merupakan bagian dari eksterior yang bersifat sekunder. Tapi bila Anda ingin membuatnya ini justru akan lebih membuat tampilan rumah terlihat indah. Suasana sejuk juga akan Anda dapatkan karena terdapat air di kolam, angin yang menerpa air akan berubah menjadi sejuk seperti sifat air.

Dengan kesejukan seperti itu akan menambah kualitas kenyamanan anda ketika bersantai di teras atau belakang rumah. Jika taman yang dibuat dihalaman menggunakan berbagai macam tanaman dan rumput yang bagus mungkin itu sudah biasa. Tapi bila taman didominasi oleh kolam ikan maka ini akan menjadi sangat unik dan berbeda dari hunian lainnya.

Walaupun fokus utamanya kepada kolam, tapi tetap juga menggunakan berbagai macam tanaman yang diletakan disamping kolam agar tetap mendapatkan pasokan oksigen yang melimpah dari tanaman sehingga menambah kesejukan di hunian Anda.

Taman Kolam Minimalis Depan Rumah

Untuk membuat kolam didepan rumah Anda perlu menyisakan sebagian lahan pada halaman Anda. Ukuran yang diperlukan tidak terlalu besar, tapi bisa juga dibuat dalam ukuran besar jika itu memang selera Anda. Sebenarnya ukuran 2 x 2 meter atau 3 x 3 meter saja sudah cukup karena memang ini adalah kolam ikan kecil dan bukan untuk manusia. Hal lain yang harus diperhatikan adalah bentuk kolam yang harus disesuaikan dengan ukuran dan bentuk rumahnya.

Jika bentuk rumah Anda menonjol kedepan pada bagian terasnya dan dinding rumahnya lebih menjorok kedalam, Anda bisa mengikuti bentuk tersebut untuk pembuatan kolamnya. Jadi, teras Anda akan dikelilingi oleh kolam dan ini menjadi desain yang cukup unik. Taman kolam minimalis depan rumah memang lebih bagus dibuat tepat didepan teras. Ini dilakukan karena teras adalah tempat yang sering digunakan untu duduk-duduk dan bersantai sehingga kesejukan kolam bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Taman kolam minimalis depan rumah

taman bagian depan rumah sederhana

Agar lebih menambah kesejukan, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman hias atau yang bermanfaat lainnya. Contohnya adalah tanaman lidah mertua yang mampu menyerap debu dan racun diudara sehingga udara dirumah Anda bukan hanya sejuk tetapi juga sehat. Ukuran kolam memang tidak bisa terlalu besar karena lahan harus digunakan untuk keperluan lain seperti jalan setapat atau carport jika Anda memiliki mobil.

Taman Kolam Minimalis Belakang Rumah

Jika ingin memubuat taman kolam dibelakang rumah, maka hunian Anda harus memiliki halaman yang lebih. Tidak masalah jika rumah Anda menggunakan type kecil, karena yang diperlukan disini adalah lahan yang kosong. Solusinya adalah Anda harus memiliki type rumah yang memiliki lahan lebih luas dari bangunan. Misalnya adalah type 36/72 atau 60/120, itu adalah beberapa type yang ideal dan masih banyak lagi type lainnya.

 Taman Kolam Minimalis Belakang Rumah

taman indah bagian belakang rumah

Anda akan lebih leluasa karena taman kolam minimalis belakang rumah bisa dibuat dengan ukuran yang lebih besar dari bagian depan karena Anda tidak perlu mempedulikan jalan setapak dan carport. Anda bisa menggunakan 60 % dari keseluruhan lahan bagian belakang dan ini juga akan membuat taman kolam menjadi lebih indah karena lebih banyak space yang bisa diterapkan model yang terbaik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Taman Kolam Minimalis Depan dan Belakang Rumah