Biaya Bangun Rumah Minimalis 2 Lantai Type 21

Biaya untuk bangun rumah minimalis memang berbeda-beda, tergantung pada type dan luas tanah yang diinginkan. Semakin besar type maka semakin besar dana yang harus dikeluarkan. Jika mengggunakan konsep dua lantai maka akan menghabiskan dana lebih banyak karena hampir seperti membangun dua rumah, perbedaannya adalah Anda tidak perlu membeli tanah lagi.

bangun rumah minimalis murah

Inilah keuntungan konsep dua lantai, Anda cukup membeli satu tanah saja tapi bisa menikmati sensasi seperti memiliki dua rumah. Memang untuk hunian minimalis terbatas pada lahan yang kecil, ini yang menjadi polemik tersendiri. Tapi dengan diterapkannya model dua lantai diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian yang layak.

Biaya Bangun Rumah Minimalis 2 Lantai Type 21

Sebenarnya untuk membangun hunian dengan type 21 tidaklah terlalu mahal, ini dikarenakan lahannya juga sempit sehingga bahan bangunan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Tapi untuk dua lantai tentu saja ada biaya tambahan. Biasanya dapat menghbiskan sekitar 150- 250 juta rupiah, tergantung pada mahalnya bahan bangunan yang ddigunakan karena setiap daerha memiliki harga yang berbeda. Untuk lebih jelasny silahkan lihat tabel dibawah.

Biaya Bangun Rumah Minimalis 2 Lantai Type 21

Harga-harga di atas sudah termasuk dengan tanah dan jika harganya masih murah yaitu 1 juta rupiah per m2. Tapi pada tabel diatas adalah untuk model satu lantai. Sedangkan untuk biaya bangun rumah minimalis 2 lantai type 21 adalah sekitar 200-250 juta rupiah. Itu adalah budget yang harus dikeluarkan. Berbeda lagi jika Anda ingin membeli rumah dari developer rumah minimalis.

Apabila Anda membeli dari developer, maka harganya bisa berbeda beda di tiap daerah. Untuk di perkotaan harganya bisa mencapai 100-200 juta per unitnya dengan luas tanah pas 21 m2, jadi lahan di depan rumah sebagai halaman bukanlah milik Anda melainkan masih milik developer. Jika Anda ingin memilikinya maka akan ada biaya tambahan. Sedangkan harga hunian type 21 didesa bahkan ada yang tidak mencapai 100 juta rupiah.

Hal yang mempengaruhi perbedaan harga rumah adalah pada faktor lokasi, akses jalan, strategis atau tidaknya lokasi itu, serta jaraknya dengan fasilitas umum seperti sekolah, pasar, rumah sakit, kantor, universitas dan lain-lain. Jika Anda membeli atau membuat rumah diwilayah yang strategis maka harganya akan mahal dan setiap tahun harga rumah juga semakin mahal. Hunian yang memiliki lokasi strategis sangat bagus sekai untuk berbisnis dan biasanya dijadikan rumah toko.

Dari penjelasan di atas, mungkin Anda sudah tahu dan bisa mengira biaya yang akan dihabiskan ketika membangun hunian type 21 di daerah Anda yang disesuikan dengan kondisi daerah Anda. Untuk itu, lebih baik melakukan survei terlebih dahulu sebelum melaksanakan pembangunan. Yang harus dilakukan adalah survei harga lahan, kestrategisan dan harga bahan bangunan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Biaya Bangun Rumah Minimalis 2 Lantai Type 21