Biaya Bangun : Membangun Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 dan 45

Dalam membangun rumah minimalis harus memperhitungkan segala sesuatunya. Dari mulai luas lahan, bahan bangunan yang digunakan dan lain-lain sehingga bisa diketahui budget yang harus dikeluarkan. Denan begitu Anda akan memiliki manajemen pengeluaran yang baik, hal ini sangat penting agar Anda mempersiapkan budget dengan tepat. Jika dilakukan perhitungan, yang ditakutkan adalah budget yang sudah dipersiapkan ternyata kurang dan pembangunan akan dihentikan sementara.

Apalagi untuk hunian dua lantai, biaya yang harus dikeluarkan mestinya lebih besar dari pada hunian satu lantai. Tapi keuntungan dari model dua lantai adalah Anda tidak perlu membeli tanah lebih tetapi bisa merasakan keuntungan memiliki dua rumah karena banyaknya ruangan yang ada. Banyak yang memilih konsep ini karena lebih terlihat megah karena memliki bangunan yang lebih tinggi dan ini akan menambah kepercayaaan diri si pemilik rumah.

Biaya Membangun Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36

Untuk hunian type 36 memang luasnya tidak seberapa yaitu hanya 6x6 meter saja. Penggunaan dua lantai sangatlah tepat bila Anda memiliki kebutuhan ruangan yang banyak. Jika membicarakan masalah dana yang harus dikeluarkan adalah sebesar 250 – 300 juta rupiah. Ini adalah biaya diluar harga tanah.


Biaya Membangun Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36

Biaya membangun rumah minimalis 2 lantai type 36 tersebut antara lain adalah untuk :

1.    Biaya belanja bahan bangunan

Ini adalah pengeluaran paling besar, apa lagi harga bahan bangunan saat ini semakin mahal. Biayanya adalah sekitar 150-180 juta, ini adalah untuk membeli pasir, semen, batu, batu bata, split, besi, kusen, jendela, pintu, keramik dan lain-lain.

2.    Biaya pekerja bangunan

Untuk membayar jasa tukang dan kuli bangunan memang cukup mahal sekitar 30-40 juta rupiah. Ini adalah dana yang dikeluarkan untuk membayanr 4 tukang dan 4 kuli bangunan dengan tarif tukang Rp. 75.000 per hari dan kuli bangunan engan tarif Rp. 50.000 per hari. Biasanya dengan jumlah pekerja tersebut bisa menyelesaikan bangunan selama 2 bulan.


3.    Biaya pemasangan listrik PLN

Ini adalah pengeluaran setelah bangunan setengah jadi, artinya tembok belum dilapisi dengan semen karena akan dipasang instalasi listrik. Untuk rumah dua lantai paling ideal adalah dengan tegangan 1300 watt. Dana yang harus dikeluarkan adalah sekitar 3 juta rupiah. Sekedar tips, jika ingin menggunakan jasa pemasangan listrik lebih baik kepada teknisi yang sudah bersertifikat dan kompeten. Agar hasilnya rapi dan tidak membahayakan, terutama untuk anak-anak.

4.    Biaya operasional

Ini merupakan dana yang harus dikeluarkan untuk keperluan pekerja Anda seperti membeli makanan dan minuman serta rokok setiap harinya. Kira-kira sekitar 9 juta untk 8 pekerja selama 2 bulan.

5.    Biaya cadangan

Biaya cadangan adalah biaya untuk jaga-jaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga. Biasanya yang harus disiapkan adalah 30-40 juta rupiah.

Biaya Membangun Rumah Minimalis 2 Lantai Type 45

Sebenarnya untuk hunian type 45 rinciannya sama seperti di atas, hanya saja karena ini memiliki lahan yag lebih luas maka dana yang harus dikeluarkan juga lebih banyak sekitar 300-350 juta rupiah. Jika menggunakan jumlah pekerja bangunan sama seperti hunian type 36 maka bisa diselesaikan dalam waktu 2,5 bulan.

Biaya Membangun Rumah Minimalis 2 Lantai Type 45

Untuk denahnya biasanya disamakan dengan hunian type 36 karena memang perbedaan luasnya tidak terlalu signifikan. Biaya membangun rumah minimalis 2 lantai type 45 memang lebih mahal, tetapi Anda akan menikmati ruangan yang lebih luas. Untuk ruang tamu sudah bisa menggunakan sofa ukuran sedang. Untuk kamar tidur juga lebih luas sehingga akan lebih nyaman ketika beristirahat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Biaya Bangun : Membangun Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 dan 45