Cara Menghitung dan Menentukan Jumlah Anak Tangga

Ada kalanya orang menjadi bingung ketika menentukan jumlah anak tangga yang pas untuk ukuran rumahnya. Ini adalah hal yang wajar karena setiap hunian memiliki ukuran yang berbeda-beda. Untuk itu dalam menentukannya harus disesuaikan dengan ukuran hunian agar lebih terlihat ideal. Hal ini berlaku untuk hunian dengan type berapa pun.

Cara Menghitung dan Menentukan Jumlah Anak Tangga

Ukuran dn jumlah anak tangga yang proporsional sangat mempengaruhi kenyamanan Anda dan keluarga ketika beraktivitas sehingga kegiatan bisa berjalan dengan lancar. Untuk hunian dua lantai biasanya memiliki jumlah anak tangga 16 atau 17. Ini adalah ukuran yang pas dan jamak digunakan karena baik menurut perhitungan fengshui. Tapi hal ini tidak menjadi patokan karena jika tinggi rumah Anda berbeda maka bisa disesuaikan agar lebih ideal sesuai dengan ukuran yang ada.

Cara Menghitung dan Menentukan Jumlah Anak Tangga

Jika Anda ingin menghitung dengan benar, maka harus menggunakan rumus yang sudah diberlakukan untuk banyak bangunan rumah atau gedung. Yang biasa digunakan adalah rumus 2t + l = 60-65 cm, t = tinggi anak tangga atau yang biasa disebut dengan optrede, l = lebar anak tangga atau lebar pijakan ketika kaki menginjak anak tangga. Ini adalah rumus yang umum karena dibuat bedasarkan langkah datar yang membutuhkan kira-kira 60-65 cm.

Untuk lebih jelasnya silahkan Anda lihat pada beberapa studi kasus dibawah ini. Misalnya selisih tinggi lantai satu dan dua adalah 320 cm maka berapakah jumlah anak tangga yang ideal.

Studi kasus 1, Kita misalkan t = 16 cm dan l = 26 cm, jika diimplementasikan kedalam rumus 2t + l = 60-65 cm  maka (2.16) + 26 = 58 cm. Dengan hasil tersebut maka kurang ideal karena 58 belum masuk dalam kisaran 60-65 cm. Dan jika dibuat tangga maka hasilnya terlalu landai dan akan membentuk tangga yang terlalu memanjang dan akan memakan banyak space.

Studi kasus 2, sekarang kita gunakan ukuran t = 20 dan l = 28 maka (2.20) + 28 = 68. Hasil ini terlalu panjang dan jika dibuat tangga mak akan terlalu curam dan sangat berbahaya jika dilewati, terutama untuk anak-anak.

Studi kasus 3, jika mencoba ukuran t = 18 dan l = 28 maka (2.18) + 28 = 64. Ini adalah ukuran yang paling cocok karena masuk dalam rentang 60-65 cm.

Setelah Anda menemukan ukuran "t" yang ideal maka untuk menentukan jumlah anak tangga bisa menggunakan rumus. Selisih tinggi lantai satu dan dua / t - 1. Maka (320/18) - 1 = 17,778 – 1 = 16,778 dan dibulatkan maka menjadi 17, ini adalah jumlah anak tangga yang di buat sebanyak 17 buah anak tangga. Jika ada selisih jumlah anak tangga, misalnya 1 cm maka tidak akan terasa dan harus ditempatkan pada satu anak tangga bagian akhir atau awal. Itulah penjelasan mengenai cara menghitung dan menentukan jumlah anak tangga, semoga bisa membantu. Untuk menambah referensi, Anda bisa belajar menghitung anak tangga menurut feng shui.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghitung dan Menentukan Jumlah Anak Tangga